SMPN3 | Registration | Login |

Jam Digital

Profil SMP Negeri
TIPS & TRIK
Download Disini
ARSIP
My Artikel [29]
Entries archive
Guru dan TU
Total Pengunjung

Berita Terkini

Main » My Artikel
« 1 2 3 4 5 6 »
JAKARTA, KOMPAS.com - Ujian nasional yang membuat gentar banyak siswa, juga bakal dihadapi para guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bakal menggelar ujian nasional, untuk pertama kalinya bagi guru lewat Uji Kompetensi Awal (UKA).

Ujian ini akan menentukan lulus atau tidak lulusnya guru, terpilih dalam kuota sertifikasi guru 2012. "Guru juga mesti siap diuji. Tidak boleh ada contek-mencotek. Pelaksanaannya mesti diawai betul," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan UKA, yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Jumat (10/2/2012).

Syawal Gultom, Ketua Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, mengatakan, ada sejumlah titik rawan yang mesti diwaspadai dalam pelaksanaan UKA pada 25 Februari nanti. Titik rawan yang dimaksud adalah penulisan soal, percetakan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), distribusi naskah soal ke kabupaten/kota, serta pengiriman lembar jawaban dari kota/kabupaten ke Kementerien Pendidikan dan Kebudayaan.

Para guru mengerjakan 100 soal pilihan berganda. Mereka dipusatkan di sekolah-sekolah di tingkat kota/kabupaten.

Pengiriman soal UKA juga mendapat pengawalan polisi, layaknya soal UN. Pengawasan ketat juga dilakukan dengan melibatkan perguruan tinggi atau lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK).

Guna menyiapkan guru menghadapi UKA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menyiapkan kisi-kisi soal, seperti juga pada pelaksanaan UN. Hal ini untuk memberikan gambaran pada guru kemungkina soal-soal yang diujikan yang dibuat LPTK dan Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK).

Ada standar kelulusan minimal yang mesti diraih guru. Jika lulus, guru masuk dalam kuota sertifikasi guru tahun 2012.

Dari 300.000 guru yang diundang, setidaknya bisa dijaring 250.000 guru untuk memenuhi kuota sertifikasi guru.
Category: My Artikel | Views: 709 | Added by: SMP3 | Date: 14.02.2012 | Comments (0)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai tahun 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan uji kompetensi awal (UKA) bagi guru yang berhak ikut sertifikasi.

Undangan UKA disebar untuk 300.000 guru di seluruh Indonesia, namun hingga Jumat (10/2/2012) baru 285.000 guru yang terdaftar ikut ujian tulis UKA.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan UKA 2012 yang dilaksanaakn Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hadir antara lain sejumlah pimpinan lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPMP), dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, yang membuka rapat korodinasi mengatakan pelaksaan UKA ini penting untuk memetakan kompetensi guru.

"Sampai saat ini, kita belum punya peta kompetensi guru. Ini kesempatan untuk mendata kompetensi guru-guru yang ada, sehingga dapat dipakai secara ilmiah untuk meningkatkan kualitas guru," kata Nuh.

Nuh mengatakan, penyelenggaraan UKA merupakan ikhtiar untuk mendapatkan pendidik yang berkualitas. Kualitas guru berkontribusi penting untuk mendorong prestasi siswa.

Terkait dengan kuota guru yang belum terpenuhi, Nuh meminta supaya sebanyak 15.000 kuota yang belum terisi dialihkan ke daerah lain yang masih memiliki guru yang layak ikut sertifikasi. Saat ini, ada sekitar 2,9 juta guru.

Pelaksanaan UKA di tingkat kota/kabupaten pada 25 Februari. Pengumuman kelulusan 18 Maret.

Para guru yang lulus tes berhak ikut pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG) selama 10 hari. Namun, mereka masih akan menjalani tes akhir, untuk menentukan apakah para guru layak mendapat sertifikat pendidik profesional atau tidak.

Adapun guru yang tidak lulus UKA diberi kesempatan untuk mengulang tahun depan. Para guru ini dibantu untuk siap melaksanakan UKA berikutnya.
Category: My Artikel | Views: 588 | Added by: SMP3 | Date: 14.02.2012 | Comments (0)


Dalam rangka memperingati Ulang Tahun SMP Negeri 3 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran yang Ke-5. SMP Negeri 3 Gedong Tataan akan mengadakan lomba Pentas Seni Tingkat SMP/MTs dan LCT Bahasa Inggris Tingkat SD/MI Se Kabupaten Pesawaran. Acara ini akan akan dilaksanakan pada :

Hari/ Tanggal  : Selasa-Rabu, 6-7 Maret 2012

Waktu               : 08.00 s.d Selesai

Tempat             : SMP N 3 Gedong Tataan

Jenis Lomba    : Lomba Baca Puisi, Lomba Tari Tradisional Lampung,

 Lomba Solo Song  Dan  Lomba Vocal Group

 LCT Bahasa Inggris Khusus SD

Berkenan dengan hal tersebut dengan ini kami bermaksud mengundang Sekolah Bapak/Ibu 

untuk dapat mengirimkan peserta lomba untuk memeriahkan kegiatan tersebut.


Demikian undangan ini kami sampaikan, atas kerja sama yang diberikan kami ucapkan 

terimakasih.


Untuk Informasi lebih jelas mengenai juknis lomba dan syarat-syarat pendaftaran bisa di download disini:

Untuk LCT Bahasa Inggris : Download

Untuk Pensi : Download



Category: My Artikel | Views: 1220 | Added by: SMP3 | Date: 10.02.2012 | Comments (0)

Aula LAB IPA, Pagi ini seluruh peserta didik Kelas 7 yang mengikuti kursus program Bahasa Inggris Dy-Net memenuhi Aula Lab IPA untuk menunggu kedatangan salah seorang sahabat dari guru bahasa ingggris yang mengajar di SMP Negeri 3 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Kedatangan sahabat yang tidak lain adalah orang Bule (kalu kata anak2 bule masuk kampung.. heee) asal Belanda Tersebut adalah dalam rangka kunjungan dan sekaligus melihat pembelajaran kursus Bahasa Inggris yang di adakan oleh SMP N 3 Gedong Tataan. Program tersebut adalah Program pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan sistem On Line dan Off Line.



Waktu yang ditungu tiba, akhirnya si Bule tersebut datang juga dan langsung menuju Lab IPA untuk menemui peserta didik yang telah menunggunya dari tadi,. Kebahagian anak2 mulai tampak diraut wajah mereka,  ada yang tertawa, ada yang berbisik dan lainnya sambil melihat sang bule tadi, (maklum baru kali ini Sekolah dikunjungi orang asing, bahkan sepertinya di pesawaran baru SMP N3 Gedong Tataan hee ^_^). Setelah diberikan sambutan oleh Dra. Uniroh selaku Pengajar Kursus Dy-Net yang juga merupakan guru Bahasa Inggris di sekolah, sang bule dipersilahkan memperkenalkan diri nya kepada peserta didik dengan gaya nya yang khas, lucu dan unik.. 

Para peserta didik sangat antusias mendengarkan sang bule memperkenalkan siapa dirinya, mulai dari namanya, asal, hoby, dll.. dan ternyata sang bule juga punya nama lho, Mas Yanto.. ya, itu nama yang diberikan oleh teman-teman nya yang ada di Indonesia karena nama asli nya cukup sulit tuk di baca, hee... Para peserta juga saling melakukan tanya jawab kepada Mas Yanto, mulai dari hoby, makanan kesukaan, bahkan ada yang menanyakan Status Mas Yanto.. wah..wah.. ada-ada aja.. dan Mas Yanto sendiri rupanya masih Single alias bujangan heee,, dan saat ditanya apa yang paling ia suka, dia bilang "glory morning" atau "kangkung" dan duren.. hehe,, katanya kalu kita makan kangkung itu bisa membuat kita tidur dengan nyenyak dan pada saat bangun badan akan terasa segar...(dengan gaya nya yang lucu saat mengatakannya yang membuat anak-anak tertawa) ada-ada aja si Mas Yanto ini...

Di akhir kunjungan nya Mas Yanto memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para peserta didik, terutama SMP N 3 Gedong Tataan, dan Mas Yanto juga berniat untuk memberikan pembelajaran tambahan kepada siswa meskipun itu Free.. wah Luar biasa ya.. Ya semoga saja dengan kedatangan Mas Yanto ke sekolah kami ini bisa memberikan semangat baru kepada seluruh peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar nya sehingga dapat berprestasi dalam bidang akademik dan lainnya..
Category: My Artikel | Views: 921 | Added by: SMP3 | Date: 09.02.2012 | Comments (1)

SMP Negeri 3 Gedong Tataan, Senin 9 Januari 2012Pagi itu lab IPA didatangi oleh perwakilan murid dengan di dampingi oleh orang tua masing-masing, pagi yang penuh semangat dan penuh keceriaan anak yang menuju ruangan tersebut. karena pada hari tersebut akan diserahkan bantuan beasiswa bakat dan prestasi kepada para peserta didik SMP N 3 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran yang memiliki prestasi dalam bakat dan pernah mewakili Kabupaten Pesawaran di tingkat provinsi,,

Pemberian Beasiswa ini diberikan dalam bentuk tabungan dengan bekerja sama dengan Bank Mu'amalat, hal ini dimaksudkan agar mendidik para peserta didik untuk dapat memiliki kesadaran penting nya mereka menabung sejak dini. Pemberian beasiswa ini diberikan seraca simbolis oleh Kepala Sekolah SMP Negeri Gedong Tataan, Bapak Hasbiyul Furqon, M. Ag kepada orang tua dari peserta didik..

 

Selamat kepada para peserta didik yang telah mendapatkan beasiswa, semoga prestasi kedepan semakin lebih baik lagi dan dapat menjadi contoh teladan yang baik bagi seluruh peserta didik yang ada di SMP Negeri 3 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran


      
Category: My Artikel | Views: 747 | Added by: SMP3 | Date: 09.02.2012 | Comments (0)

Calendar
«  June 2021  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
ARTIKEL
Foto Kegiatan
Block title
Total Kunjungan

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Penilaian SMP N 3
Bagaimana Pendapat Anda tentang KBM di SMP N 3
Total of answers: 90

Created By : Sepkiansyah, HP : 081366168750 Email: sepkiansyah@gmail.com
Free website builderuCoz